Cara Cepat Mengerjakan PMP Tanpa Aplikasi

Cara Cepat Mengerjakan PMP Tanpa Aplikasi

Halo sobat Operator Sekolah!

apa kabar, semoga senantiasa diberi kesehatan, dimudahkan segala urusan dan juga dilimpahkan rizki yang berkah aamiin..

OK, kali ini saya akan berbagi tentang cara cepat mengerjakan PMP dikdas yang memang sekarang lagi musim-musimnya. hehehe..

sebelum melakukan kuisioner alangkah baiknya jika rekan OPS semua yang belum melakukan instalasi PMP untuk melakukan instalasi.

  1. download terlebih dahulu aplikasinya di SINI .
  2. Setelah selesai, instal lagi patch terbaru di SINI .
  3. Download preffil terlebih dahulu untuk kebutuhan registrasi selanjutnya. Untuk download preffil, perlu diketahui, ada dua opsi yang pertama untuk yang pertama kali instalasi PMP download preffil yang dibutuhkan dengan memasukkan NPSN sekolah anda. Nanti akan muncul seperti gambar di bawah ini.
    undefined
    namun, jika rekan ops sebelumnya pernah melakukan sinkron PMP download PMP dengan link yang disediakan berdasarkan provinsi di mana sobat ops berada. Contoh saya berada di wilayah Jawa Barat, maka pilih kemudian akan diarahkan dengan beberapa link yang telah disediakan.
  4. Selanjutnya, jika sudah melakukan prosedur diatas simpan hasil unduhan preffil pmp di Local Disk C/prefill_dapodik
  5. Selanjutnya buka aplikasi PMP yang telah diinstal dan lakukan registrasi seperti halnya registrasi dapodik pada umumnya dengan menggunakan email, password dapodik dan juga kode registrasi sekolah.
  6. Tunggu hinggal selesai sehingga jika berhasil akan diarahkan pada menu login.
  7. selamat PMP bisa dimulai untuk selanjutnya mengisi kuisioner yang lumayan banyak hehehe….

OK untuk selanjutnya bagaimana cara memudahkan kita dalam pengerjaan PMP secara cepat dan juga menghemat waktu. Tentunya bukan menggunakan aplikasi pihak ke tiga yang kita bahas kali ini melainkan menggunakan cara manual namun bisa mempercepat pengisian. Langsung ikuti caranya di bawah ini.

  1. Pada pengisian kuisioner PMP arahkan pada tabulasi yang kita isi.
  2. Nah pada point ini kita memanfaatkan TAB pada keyboard, dilanjutkan dengan menekan SPASI pada keyboard maka kuisioner tercentang. Mudah bukan!

memang terlihat sepele, namun dalam pengerjaannya saya merasakan kecepatan dibandingkan dengan menggunakan mouse atau touchpad pada laptop.

itu saja yang bisa dibagikan kali ini, semoga bermanfaat dan memudahkan kita dalam mengisi PMP 2019 dengan cepat dan akurat.

Terima kasih rekan semua. Jika ada pertanyaan silakan isi di kolom komentar.

Tentang Onlygan

Seorang yang mau belajar banyak dan berusaha berbagi pengetahuan
Pos ini dipublikasikan di Operator Sekolah, PMP dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar