Cara Cepat Entri Peserta didik Baru di Dapodikdas 2019

halo kawan operator,

kali ini zona berbagi akan share cara cepat entri peserta didik baru di Dapodikdas 2019.

di awal tahun ajaran baru tentunya suatu keharusan entri peserta didik baru kelas I untuk SD maupun kelas VII Untuk SMP. repot juga harus klik satu persatu dan mengentri secara manual dari formulir yang sudah dibagikan sebelumnya. Kali ini kita bisa entri data secara cepat dengan metode Copy Paste. Adapun yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut :

  1. Data peserta didik baru format Excel. format tersebut biasanya dibuat dari hasil PPDB yang sebaiknya dientri di office excel atau sejenisnya. Pastikan urutan data sama dengan urutan data di dapodikdas. seperti nama, jenis kelamin, NIK dan lain sebagainya.
  2. tinggal buka dapodikdas yang setelahnya diinstal di komputer dan tambah peserta didik kelas 1 yang tersedia.
  3. buka file excel yang sebelumnya sudah disiapkan.
  4. tinggal copy paste data yang sudah tersedia sehingga memudahkan pekerjaan.
  5. tinggal bermain tabulasi di Laptop atau komputer rekan operator semua.

itulah cara cepat mengentri data peserta didik baru tanpa harus ketik manual. memang dirasa capek dua kali tapi, sebelumnya jika menjadi panitia PPDB entri dahulu di file excel dan tentunya akan menjadi kebutuhan rekan operator untuk kemudian dilaporkan sebagai penerimaan peserta didik baru.

sebagai catatan  pastikan pula data yang diisikan selengkap mungkin karena akan berpengaruh terhadap data selanjutnya tentunya berkesinambungan seperti NIK dan lain sebagainya, dan juga peserta didik yang mempunya kartu perlindungan sosial untuk mendapatkan PIP di kemudian hari.

tentunya data yang dimasukkan adalah data yang real sesuai keadaan siswa tersebut sehingga data valid.

Tentang Onlygan

Seorang yang mau belajar banyak dan berusaha berbagi pengetahuan
Pos ini dipublikasikan di Berita Sekolah, Informasi Dapodik. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar